Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi [7 Penyebab 7 Solusi]

Memang sangat menjengkelkan sekali ketika kita memiliki HP (Xiaomi) hidup mati lagi dengan sendirinya.

Kita pun tidak boleh membiarkannya berlama-lama dalam kondisi seperi itu, ketahui penyebabnya dan atasi berdasarkan permasalahannya.

Sebelum artikel ini ditulis, ada banyak sekali pertanyaan dalam permasalahan ini yang saya kira intinya sama, misalnya :

  • Kenapa HP Xiaomi saya mati hidup – mati hidup?
  • Bagaimana sih cara mengatasi HP Xiaomi mati nyala terus?
  • Bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi mati sendiri?
  • Apa yang menyebabkan HP Xiaomi mati dan hidup sendiri?
  • Dan beberapa pertanyaan lainnya yang sudah saya simpulkan jadi satu permasalahan pokok, yaitu “Cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati lagi”

Ok kita lanjut secara perlahan supaya bisa dipahami dan diperaktekan!

Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi hidup lalu mati lagi di logo doang. Kita harus tau dulu indikasi penyebab HP mati itu sendiri.

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri

Banyak juga yang mengalami masalah  hp xiaomi mati hidup sendiri, atau restart sendiri padahal kadang baterai masih dalam kedaan penuh tapi kok bisa malah tiba-tiba mati sendri.

Ada yang nyala tapi hanya mentok di logo saja, lalu mati lagi.

Dari beberapa temuan, ditemukan bahwa penyebab umum HP Xiaomi tiba tiba hidup mati sendiri yaitu :

  • Kapasitas RAM HP Xiaomi yang habis.
  • Aplikasi / sistem pada HP telah terjalur virus atau malware yang menginfeksi.
  • Prosesor atau CPU HP mengalami overheat atau suhu terlalu tinggi.
  • Terdapat file sistem maupun aplikasi yang rusak.
  • Pernah melakukan Custom ROM yang tidak jelas.
  • HP Xiaomi telah dalam kondisi root.
  • Ketika flashing firmware Xiaomi telah melakukan kesalahan dalam prosesnya.
  • Karena siringnya menginstall aplikasi dari pihak yang tidak resmi, dan faktor lainnya.

Baru kita lanjut ke cara mengatasinya setelah mengetahu secara pasti apa penyebab yang umum menjadi alasan ponsel Xiaomi kita tiba-tiba hidup mati sendiri.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

Dalam menangani masalah seperti ini anda tidak perlu panik untuk langsung melakukan reset HP Xiaomi, flashing HP Xiaomi maupun cepat – cepat membawanya ke tempat service center HP Xiaomi.

Karena sebenarnya kita masih bisa mulai dengan cara-cara sederhana dulu seperti dibawah ini, baru ke langkah yang lebih bagus dalam mengatasi kerusakan yang mungkin parah.

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati sendiri:

Matikan Handphone

Hal yang pertama perlu anda lakukan adalah mematikan terlebih dahulu HP Smartphone Xiaomi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika dalam proses perbaikan.

Lepas SIM Card & Kartu Memori

Setelah dipastikan mati, selanjutkan lepaskan kartu SIM Card & kartu memori HP jika slot-nya berada di bagian samping HP.

Apabila tempat atau slot SIM Card dan kartu memorinya berada di dalam HP, silahkan anda lepaskan setelah casing / kesing HP dibuka.

Lepaskan Casing Handphone

Copot dengan hati-hati kesing / casing belakang HP Xiaomi untuk dapat membuka bagian dalam HP nantinya. Supaya lebih mudah dalam proses pembukaannya, disarankan untuk membuka melalui sisi dekat lubang koneksi charger.

Buka Penutup Mesin

Setelah casing HP terbuka, kemudian lepaskan semua baut atau mur yang memperkuat atau penutup mesin. Baru kemudian buka penutup mesin HPnya.

Dalam tahap ini anda harus ekstra hati-hati dan pelan-pelan dalam melakukannya.

Copot Baterai

Selanjutnya copot soket baterainya, lalu buka dan lepas baterai Xiaomi pelan-pelan dari tempatnya.

Ganti Baterai Baru

Gantilah dengan baterai yang baru setelah baterai lama yang rusak tercopot.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dibeberapa marketplace atau toko offline yang rata-rata harga baterai Xiaomi 30 ribuan – 100 ribuan.

Saran kami, beli dulu baterai yang murah untuk mengecek apakah ternyata masalah HP Xiaomi yang hidup mati itu akibat baterai atau bukan.

Jika memang setelah dipasangkan baterai yang murah HP bisa nyala lama dan normal, baru anda beli baterai yang bagus.

Baterai yang tergolong bagus umumnya yang bersegel Nero, harganya berada dikisaran 100 ribuan.

Setelah membeli bateri yang baru dan memasangkannya, jangan lupa pasang juga soket baterainya.

Tutup Penutup Mesin

Setelah selesai memasang baterai baru beserta dengan soket baterainya, jangan lupa tutup kembali penutup mesin dan pasang kembali semua mur atau bautnya dari penutup mesin Xiaomi HP anda.

Pasang Kembali Casing

Pasang kembali casing HP Xiaomi dengan tepat dan rapat. Saran kami, sebelum memasang atau menutup HP dengan casing, periksa kembali casing dari kotoran yang menmpel.

Usahakan lap dulu jika ada kotoran yang menempel, karena itu akan berpengaruh secara tidak langsung terhadap keawetan HP anda.

Hidupkan Handphone

Setelah selesai memasang baterai, penutup mesin hingga casing handphone dengan baik, silahkan anda coba nyalakan kembali HP Xiaominya.

Setelah menekan tombol nyala, tunggu saja beberapa saat sambil memperhatikan apakah hanya sampai logo Mi lalu mati lagi, ataukah sampai ke tampilan awal Xiaomi.

Jika HP sikses menyala hingga tampilan awal Xiaomi, silahkan anda coba lanjutkan pemakaiannya, jika bertahan lama itu artinya permasalahan HP hidup mati sendiri itu masalah dari baterainya.

Namun, apabila HP ternyata pada saat dinyalakan tetap tidak mau menyala, itu berarti kemungkinannya ada kerusakan pada mesin atau IC handphonenya.

Kalau tidak mau nyala juga, anda bisa coba lagi gunakan cara alternatif yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Begini cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh yang banyak sekali dialami oleh pengguna Hp Xiaomi, jika anda pernah atau salah satunya, jangan panik. Ikuti tutorial diartikel ini.

Cara Alternatif Mengatasi HP Xiaomi Hidup, Lalu Mati Sendiri

Anda dapat mengikuti beberapa cara alternatif berikut ini apabila menggunakan cara sebelumnya yaitu dengan mengganti baterai dengan yang baru ternyata masih kurang efektif.

Tahapannya seperti ini :

Melakukan Flash HP Xiaomi

Jika anda tetap muter-muter dalam menyalakan HP Samsung hanya sampe logo Mi doang, anda bisa coba melakukan flash HP Xiaomi dulu.

Cara ini juga bisa menjadi alternatif, dan bisa jadi sehabis melakukan instal ulang HP Xiaomi atau flashing, ternyata HP Xiaomi milik anda bisa menyala normal kembali karena sudah dilakukan instal firmware yang baru.

Untuk cara flashing Hp Xiaomi, silahkan ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini :

  1. Login dulu ke menu setting atau setelan.
  2. Lalu ke menu setelah tambahan.
  3. Silahkan geser menu sampai ke yang paling bawah (ke Cadangkan dan Setel Ulang) pilih menu itu.
  4. Kemudian Scroll lagi hingga ke bawah sampai menemukan menu Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Biasanya disitu ada opsi / pilihan reset.
  6. Apabila anda mau menghapus seluruh datanya, silahkan pilih Reset Ponsel.
  7. Kemudian baru Log-out dari akun MI dan masukan kode kunci HP.
  8. Terkahir tinggal tunggu saja hingga proses reset selesai.

Lakukan Hard Reset

Jika telah diusahakan mengganti baterai Xiaomi dengan yang baru masih saja tidak membuat HP menyala seperti sebelumnya, anda bisa menjajal untuk melakukan Hard Reset pada HP Xiaomi milik anda.

Namun, pastikan dulu sebelumnya bahwa kartu memori maupun SIM Card nya telah dilepas, supaya ketika diproses reset semua data di SIM Card maupun kartu memori tetap aman, atau tidak ikut hilang.

Pasalnya, pada saat HP direset, maka semua data ada resiko hilang.

Bawa ke Tempat Servis

Ini adalah jalan terakhir jika beberapa cara di atas tidak ada yang berhasil membuat HP anda menyala seperti biasanya.

Jika masih ada garansinya saran saya sih mending bawa saja ke tempat servis center Xiaomi, namun jika tidak ada ya bawa ke tempat servis HP biasa.

Dalam beberapa kasus, biasanya jika sudah diusahakan ganti baterai, melakukan flash dan reset masih saja hidup mati sendiri, paling akan disuruh ganti mesin atau IC ponselnya.

Mungkin itu saja yang bisa di share seputar beberapa cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati lagi sendiri.

Sebenarnya ada banyak cara maupun penyebab mengatasi HP cuma menyala sebentar lalu tiba-tiba mati sendiri atau mati hidup sendiri dan mentok di logo seperti yang dipaparkan diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu HP Xiaomi anda yang mengalami restart sendiri atau tiba-tiba mati sendiri.

Tinggalkan komentar