√3 Cara Mengirim Folder Lewat WA Dengan Atau Tanpa Aplikasi [Mudah]

Artikel ini akan membahas tentang cara mengirim folder lewat wa, baik tanpa aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi.

Disini juga dibahas apa saja kendala umum yang sering terjadi terkait pengiriman file via Whatsapp serta cara mengatasinya.
Silahkan simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Mengirim Folder Lewat WA Tanpa Aplikasi di HP

Bagi yang awam, transfer atau mengirim file lewat WA dikira sulit, padahal Cara mengirim folder lewat Whatsapp ini sangat mudah dilakukan.
Bahkan cara mengrim file atau Folder via WA tanpa aplikasi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :
  • Pertama menggunakan File Manager bawaan HP-mu. Dengan memanfaatkan file manager, anda dapat mengeksplore sistem penyimpanan HP.
  • Cara kedua bisa juga dengan mengompress beberapa file bahkan beberapa folder menjadi satu file.
Nanti anda bisa menggunakan hasil kompress tersebut untuk mengirim folder melalui Whatsapp tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.
Tidak hanya itu, isi dari folder yang telah anda kompress tidak akan hilang meski hanya satu.
Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah cara mengirim folder lewat WA tanpa aplikasi di bawah ini.
  1. Silahkan masuk ke File Manager di HP anda, lalu pindahkan file-file yang mau anda kirimkan menjadi satu folder. Anda juga bisa membuat folder baru (New Folder) untuk menjadikan file-file tersebut menjadi satu folder. Jadi nanti bisa mengiri file satu folder lewat WA, sehingga lebih cepat.
  2. Setelah itu, tap sambil tahan folder tersebut 2 atau 4 detik saja, nanti akan muncul menu tambahan baru.
  3. Untuk menjadikan satu folder, silahkan tap Compress, yaitu file berformat .zip.
  4. Nah, disini kami demokan dengan memberi contoh folder yang kutekan dan tahan bernama SinauSe.id,
  5. Setelah memilih menu Compress, biasanya akan secara otomatis muncul satu file dengan forma .zip, Namanya file tersebut SinauSe.Zip. Umumnya nama file dengan akhiran .zip ini otomatis menyesuaikan dengan nama folder yang anda pilih.
  6. Lalu saatnya mengirim “folder” tersebut. Nah, disini kami beri contoh memberi tanda kutip pada folder karena pada dasarnya anda hanya mengirimkan satu filesaja. Namun pada saat teman anda membukanya, maka akan terlihat berbagai file dalam satu file tersebut.
  7. Selanjutnya, tap dan tahan file yang sudah anda buat, contohnya hasilnya menjadi SinauSe.zip.
  8. Setelah itu, pilih sambil tahan SinauSe.zip selama 2-4 detik hingga keluar menu baru lagi. Selanjutnya tap bagikan, pilih Whatsapp.
  9. Pilih kontak mana yang mau anda kirimi Folder via WA, dan proses pun selesai. Kini Anda sudah berhasil mengirimkan Folder melalui Whatsapp dengan mudah.

Gimana, mudah bukan Cara Mengirim Satu Folder Lewat WA Tanpa Aplikasi apapun yang merepotkan anda?

Cara Mengirim Folder Lewat Whatsapp dengan Aplikasi
Tentu lebih nyaman dan cepat sih mengrim foler atau file melalui WA tanpa harus menggunakan aplikasi. Namun, tidak selalu mengrim file via WA berjalan mulus.
Pasti ada saja beberapa halangan, baik teknis maupun non teknis yang pasti sedikit menjengkelkan.
Namun, jika anda mengalami masalah saat akan mngirim file via Whatsapp, anda bisa coba mengirimnya melalui aplikasi ringan dan mudah berikut ini!

Kirim Folder Mengunakan Aplikasi Zarchiver

Aplikasi ini sangat sederhana dan fungsional banget. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagi file apapun kesiapapun.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  1. Unduh di play store, lalu install aplikasi Zarchiver.
  2. Setelah terpasang, silahkan buka aplikasi Zarchiver, kemudian cari folder yang mau anda kirim. Caranya dengan Tap dan tahan folder tersebut, lalu pilih menu Kompres ke zip.
  3. Setelah itu, buka file manager, lalu cari folder yang telah anda kompres menjadi zip sebelumnya. Setelah selesai dikompres, tap sambil tahan file zip tersebut dan pilih opsi kirim.
  4. Nah, anda bisa pilih (bebas) pilih opsi kiriman, pilih kirim melalui WhatsApp. Selanjutnya anda tinggal memilih kontak yang diinginkan.

Mengirim Folder Lewat WA Menggunakan Aplikasi RAR / ZIP

Aplikasi ini adalah aplikasi pengkompres dan mengirim file yang paling banyak digunakan, karena penggunaannya mudah, gratis, sederhana, serta punya alat-alat pendukung lengkap seperti pencadangan, ekstraktor, dan bahkan pengelola file dasar.

Nah, cara menggunakan aplikasi ini serta cara kirim folder di whatsapp menggunakan aplikasi ini silahkan simak :

Pertama-tama kita perlu mengubah folder menjad RAR / ZIP. Caranya :

  1. Download aplikasi RAR di play store.
  2. Buka aplikasinya.
  3. Anda akan melihat banyak folder. Silahkan cari lokasi folder yang mau anda kirim.
  4. Setelah ketemu, beri tanda centang pada folder > klik ikon buku yang ada + nya.
  5. Klik OK.
  6. Hasil archieve pada RAR akan otomatis tersimpan di tempat  yang sama dengan folder tadi.
  7. Lalu centang file RAR yang anda buat sebelunya, lalu Klik ikon titik tiga yang biasanya ada di pojok kanan atas.
  8. Pilih Send / kirim.
  9. Pilih WhatsApp.
  10. Cari dan Pilih kontak atau grup, dan Kirim.

Lagi asyik cari kenalan buat dijadiin calon pasangan? coba lihat kumpulan link grup WA Jomblo disini.

Cara Mengirim File Folder dari Laptop ke WA

Secara khusus kami aka jelaskan cara mengirim file dari WhatsApp Web, yaitu bisa anda lakukan melalui komputer atau laptop.

Jika anda punya file atau folder yang tersimpan di PC atau komputer, anda bisa menggunakan cara ini biar lebih cepat.

  1. Buka WhatsApp di laptop anda, caranya dengan pemindaian barcode.
  2. Silahkan pilih kontak yang akan Anda kirim filenya.
  3. Pada posisi pojok kanan, silahkan klik ikon paper clip lalu pilih Dokumen atau file.
  4. Silahkan tentukan file mana yang akan dikirim, kemudian klik buka.
  5. Tunggu saja beberapa saat sampai file benar-benar terunggah sempurna. Bisanya waktu file yang diunggah lamanya tergantung pada ukuran file yang anda kirim serta kecepatan internet yang anda pakai.

Biar lebih mudah lagi, cara lain yang bisa anda lakukan mengirim file atau folder lewat WhatsApp web adalah dengan menyeret langsung file tersebut ke kontak yang ingin Anda kirimkan.

Sebelum mengirimnya, periksa terlebih dahulu ukuran filenya. Biasanya Whatsapp itu membatasi ukuran dokumen maksimal 100 MB, sedangkan untuk file foto, audio, serta video maksimal 16 MB.

Penyebab Folder Tidak Bisa dibuka & Cara Mengatasinya 

Terkadang file yang sudah dikirim lewat WA itu datanya tidak bisa dibuka, karena memang anda harus mengunduh aplikasi RAR terlebih dahulu untuk membuka folder. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengkompres dan memformat .rar.

Jadi perlu anda ketahui nih, anda tidak akan bisa membuka folder tersebut beserta seluruh file yang ada didalamnya tanpa anda punya aplikasi RAR di HP.

Demikian juga berlaku untuk penerima folder.

Penyebab Proses Pengiriman Folder Lewat WA Jadi Lama

Unuk hal ini sebenarnya ada banyak sebab. Sebab umum pertama, bisa jadi karena memang koneksi internet yang anda pakai saat ini lagi lambat. Cara mengatasinya silahkan cek dulu kecepatan koneksinya menggunakan Speedtest.

Silahkan anda lihat hasilnya, jika memang hasilnya menunjukkan lambat, maka itu wajar. Yang perlu anda lakukan hanya menunggu saja sampai proses pengiriman selesai.

Jika sebaliknya, anda lihat koneksi internet anda tergolong cepat, lebih baik batalkan saja pengiriman folder yang sedang berlangsung, lalu coba lagi kirimkan file atau folder.

Penyebab Folder yang Dikirim Lewat WA Tidak Dapat Terkirim

Ada juga ganjalan saat mengirim file, yaitu gagal mengrim file via WA.

Jika begini kasusnya, coba cek ukuran folder anda setelah di kompres, apakah ukurannya melebihi 100MB?

Jika iya, maka wajar saja apabila folder yang anda kirim melalui WhatsApp tidak dapat terkirim.

Lebih baik coba anda baca langsung di situs resminya. Terakhir mimin baca maksimal ukuran file yang dapat dikirim melalui WhatsApp adalah 100MB.

Jika demikian cara mengatasinya adalah, anda bisa memisahkan file-file yang ada di dalam folder menjadi dua bagian. Anda harus memastikan, setelah di bagi tidak ada folder yang ukurannya melebihi 100MB.

Nah, setelah dipastikan keduanya mempunyai ukuran dibawah 100MB, anda bisa kompres kedua folder tersebut lalu mengirimkannya ulang. Harusnya bisa!

Sudahkah anda menggunakan sistem balas cepat pada WA bisnis? jika belum, silahkan simak dan ikuti 8 contoh pesan otomatis Whastapp bisnis buat balan customer dengan cepat.

Kesimpulan

Cara mengirim folder lewat wa sekarang ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Anda bisa mengirim file atau folder melalui HP tanpa aplikasi apapun dengan cepat. Anda pun juga bisa mengrim file dengan menggunakan aplikasi jika terkendala seuatu di Android.

Bahkan menariknya, jika anda punya banyak file, dan tidak mau melakukannya secara menual satu-satu, anda kini juga bisa mengirim folder via WA secara sekaligus. Semoga bermafaat.

Tinggalkan komentar